Langsung ke konten utama

Penjelasan dan Arti Ashabul Maimanah dan Ashabul Masyamah

Ashabul Maimanah dan Ashabul Masyamah

arti ashabul maimanah dan ashabul masyamah
Surat Al Waqi'ah Ayat 8-9 beserta Artinya

Jika Kamu pecinta dan pengamal Surat Al Waqi’ah tentu pernah mendengar atau membaca Ashabul maimanah dan Ashabul masyamah, bukan? Kedua istilah ini memang sebutan dari Allah untuk hamba-hambanya kelak di hari Kiamat.

Sekarang kita akan membahas tentang arti dari dua kata yang sering kita dengar, yaitu Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah (Qs. Al Waqi'ah ayat 8-9). Kita mungkin pernah mendengar kata-kata ini di dalam Al-Quran atau hadis, tapi apakah kita benar-benar memahami makna di balik kata-kata tersebut? Mari kita bahas satu per satu.

Arti Ashabul Maimanah

Pertama-tama, mari kita bahas tentang Ashabul Maimanah. Ashab dalam bahasa Arab artinya orang-orang atau golongan. Sementara itu, Maimanah memiliki makna yang sama dengan Alyumu, yang artinya diberkahi atau sisi kanan. Jadi, arti dari Ashabul Maimanah adalah golongan kanan. Lawannya adalah Ashabul Masy'amah, yang artinya golongan kiri.

Kata Al Yumnu sering disebutkan dalam hadis dan merupakan kebalikan dari Asy-Syu'mu yang artinya kesialan. Allah SWT dalam Al-Quran menyebutkan Ashabul Maimanah sebagai penghuni kanan yang aman dari kesialan. Jadi, Ashabul Maimanah adalah golongan yang diberkahi dan berada dalam keadaan yang baik, bukan dalam kesialan.

Maimanah memiliki arti yang serupa dengan kata Al Yamin, yang artinya kanan. Arah kanan sering kali dianggap sebagai isyarat tentang kebaikan dan kebahagiaan. Sebaliknya, arah kiri sering dianggap sebagai isyarat tentang kesialan dan keburukan. Kita mungkin sering mendengar ungkapan "langkah kanan" yang artinya mujur dan untung, sedangkan "langkah kiri" dianggap sebagai tanda sial atau serba salah.

Arti Ashabul Masyamah

Ashabul Masy'amah memiliki arti yang berlawanan dengan Ashabul Maimanah. Masy'amah terambil dari kata Syu'm yang merupakan antonim dari Yumn. Dalam kepercayaan masyarakat Arab dahulu, burung yang terbang dari arah kiri ke kanan dianggap sebagai tanda buruk, sedangkan burung yang terbang dari arah kanan ke kiri dianggap sebagai tanda baik. Namun, kepercayaan semacam itu tidak dibenarkan oleh Islam.

Tidak hanya dalam Islam, kebanyakan orang beranggapan bahwa arah kanan dianggap sebagai simbol kebaikan, kebahagiaan, dan keberkahan, sementara arah kiri dianggap sebagai simbol kesialan dan keburukan. Pendapat ini memang ada benarnya.

Terlebih, ayat-ayat Allah telah menggunakan kedua arah tersebut dan melekatkan kepada golongan-golongan tertentu terkait kedudukan mereka kelak. Ashabul Maimanah berarti golongan yang mendapatkan karunia dan nikmatnya, sementara Ashabul Masyamah adalah golongan yang mendapatkan siksa.

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus selalu berusaha untuk berada di golongan kanan, yaitu Ashabul Maimanah, dan menjauhi golongan kiri, yaitu Ashabul Masy'amah. Ashabul Maimanah sama dengan Ashabul Yamin artinya golongan kanan yang menerima keberkahan dan kenikmatan dari Allah.

Itulah penjelasan singkat mengenai arti dari Ashabul Maimanah dan Ashabul Masy'amah. Semoga penjelasan ini dapat membantu kita untuk lebih memahami makna di balik kata-kata tersebut dan menjadikan kita sebagai orang yang selalu berada di jalan yang benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Isi dan Kandungan Q.s. Yunus/10: 41

Q.s. Yunus/10: 41 Q.s. Yunus/10: 41 Bacaan Arab, Latin dan artinya dari  Q.s. Yunus 10: 41 ini sebagaimana dalam gambar surat di atas. Artikel ini akan membahas QS Yunus 10 41 tentang apa? dan Bagaimana penerapan isi QS Yunus 10 40-41? Jadi simak sampai selesai ya. Penjelasan Q.s. Yunus/10: 41 Tulisan Q.s. Yunus/10: 41 ini mengisyaratkan bahwa Surat Yunus adalah urutan ke-10 dalam mushaf Alquran. Angka 41 menunjukkan ayat yang kita bahas. Di dalam Q.s. Yunus/10: 41 dimulai dengan: wa in kadzabuka yang artinya jika mereka mendustakanmu, artinya Allah memerintah Nabi untuk berdakwah, kemudian jika mereka enggan menerimanya maka hal ini hendaknya tidak menjadikan beban kepada beliau. Selain itu, Q.s. Yunus/10: 41 berisi tentang prinsip tanggung jawab individu terhadap tindakan masing-masing. Dalam ayat ini disebutkan bahwa setiap orang bertanggung jawab atas tindakannya sendiri dan tidak dapat dipersalahkan atas tindakan orang lain. Dengan kata lain, setiap individu harus bertanggun

Ashabul Yamin Artinya Golongan Kanan, Apa Maksudnya?

Ashabul yamin artinya Istilah ashabul yamin artinya diterjemahkan sebagai "orang-orang di sebelah kanan" atau "orang-orang kanan". Istilah ini terdapat dalam beberapa ayat di al Quran. Dalam al Quran terjemah, ashabul yamin diartikan sebagai golongan kanan. Ashabul yamin artinya golongan kanan Ashabul yamin,   أَصْحَاب الْيَمِينِ   disebutkan dalam Surat al Mudatsir ayat 38, Surat al waqiah ayat 28, 38 dan 91. Artikel ini akan membahas arti dari ashabul yamin, dan mengapa penyebutan ashabul yamin ini banyak ditemui dalam Surat al Waqiah? Arti Ashabul Yamin Ashabul yamin artinya golongan kanan. Penggunaan arti tersebut dapat dijelaskan dalam bahasa Arab sebagai berikut: Ashab, أَصْحَابُ merupakan bentuk jamak dari Shohib. artinya pemilik atau orang. Yamin, الْيَمِينِ artinya arah penjuru bagian kanan, atau disingkat kanan. Dalam bahasa Arab, frasa ashab dan yamin digabungkan ini disebut idhofah. Yang dimakud idhofah adalah penyadaran mudhof dan mudhof i